Golek banyu bening

Kumpulan pepatah jawa,golek banyu bening
Golek banyu bening

Mencari ilmu pada guru yang benar

Mengingatkan saya kepada seorang guru yang hebat, pada setiap jam pelajaran ia selalu membawa sebuah penggaris besar berwarna coklat dan terbuat dari kayu yang biasa digunakannya untuk menggaris di papan tulis hitam kami.
Saat setiap kali masuk dan hendak memulai mata pelajarannya dia selalu berkeliling dan selalu bertanya tentang soal-soal mata pelajarannya harus sudah kami pelajari kemarin harinya.
Dan setiap kali kami salah menjawab dia akan memukul ujung jari kami. Tidak sakit bahkan kami tidak menyeringai apalagi menjerit tetapi menimbulkan rasa malu yang dirasa lebih pilu karena tidak dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan.

Tetapi kemudian,

Hasilnya adalah kami sangat menguasai mata pelajaran ini karena kami selalu membaca.
Karena kami takut tidak bisa menjawab dan terhindar dari rasa malu diantara kawan-kawan kami. Hal ini seperti titik tolak manakala kami terus belajar, dan yakin bahwa esok kami tidak lagi harus khawatir .Bahwa tingkat penguasaan atas ilmu pengetahuan yang kita ketahui adalah jaminan rasa aman dan percaya kami akan masa depan.

Ilmu adalah dimana kita percaya dan yakin bahwa kita memiliki sesuatu yang bisa menjadi pegangan semasa hidup.Dimana kita percaya bahwa dengan apa yang kita mengerti, semuanya akan baik-baik saja.

Mendapatkan guru yang benar sangat penting.
Golek banyu bening kui penting

Ketika kita akan memancing kita akan belajar menangkap ikan, bukan membuat pancing
Ketika kita memotong pohon, kita akan belajar menggunakan kapak bukan memukul dengan palu
Mencari perjuangan dalam mencari sebuah jalan.
Mencari ilmu pada guru yang benar

No comments:

Post a Comment