Cecak ngunthal cagak

kumpulan pepatah jawa kuno, kegedhen empyak kurang cagak
cicak nguntal cagak

Ibaratnya cicak mencoba menelan pasak kayu

sama seperti
Kegheden empyak kurang cagak
Kebesaran atap kurang tiangnya

Pada saat melihat dan memikirkan tulisan ini saya sedang membayangkan seekor cicak yang sedang mencoba memakan tiang bendera. Dan sampai saat ini saya sadar bahwa saya dan cicak itu sama-sama konyolnya.

Hidup itu ibarat mengumpulkan pundi-pundi yang bila kita teliti dan cermat akan besar hasilnya. Sama ibaratnya dengan pekerjaan akan sangat indah diajalani tanpa rasa bosan dan ragu bila kita dapat mencermatinya dengan baik benar .

Ernest wong pernah berkata :satu-satunya yang bisa menghentikan kita adalah keyakinan yang salah, serta sikap yang negatif.

Ada apa dengan keyakinan yang salah?

Pada saat seorang guru mengatakan kamu bodoh,.Maka pada saat itu juga sang guru telah menjadikan sang murid menjadi seseorang yang bodoh, Karena sang guru telah menanamkan sebuah keyakinan yang salah.
Keyakinan itu sama seperti sebuah sugesti,  ibarat paku yang ditanamkan pada sebuah papan. Pada saat sudah tertanam maka akan sudah untuk mengubahnya.

Pada saat orang tua memarahi anaknya atas kesalahan yang tidak dilakukannya maka orang tua tersebut telah memberikan sikap yang negatif. Karena guru dan orang tua adalah panutan dan teladan kita yang akan menjadi cermin dan haluan sikap anak dimasa yang akan datang.
Sebentar dia akan mulai sombong
Suatu keinginan yang tidak sesuai dengan kemampuan diri.



No comments:

Post a Comment