Jajanan Asli Khas dari tegal

1.Kerupuk Antor


Kerupuk khas dari Tegal ini enak banget dinikmati sore-sore dimakan dibarengi teh hangat atau kopi ditemani beberapa sahabat dan handai taulan sembari bercengrama di depan rumah atau sembari menonton televisi. Kerupuk ini berasal dari Desa Bulakpacing, Kec Dukuhwaru. Rasanya pedas manis dan gurih. Wajib coba deh.

2. Tahu aci


Jajanan satu ini menjadi favorit dari turis lokal. Dengan rasanya yang khas perpaduan antara Tahu dan aci serta dimakan sama lombok. jajanan gorang yang dicampur sedikit bumbu  membuat Tahu aci sangat digemari apalagi sebagai tambahan menu nongkrong sore-sore. Sedap pokoknya gan.

3. Es Sagwan


Es yang terkenal manis karena gula aslinya. Bentuknya persis sama seperti Es Cendol. Es sagwan dikenal karena dibuat sama mbah Sagwan, alamatnya disebelah selatan Rumah sakit Kardinah, Tegal.

4. Teh Poci


Minuman yang disajikan panas dari panasnya teko yang terbuat dari  tanah liat ini sangat terkenal dimana-mana. Teh poci disajikan polos tanpa gula dan biasana ditambahkan dengan gula batu asli.  Sangat cocok disajikan pada sore atau malam hari saat cuaca sedang dingin ditemani pisang goreng maupun jajanan yang lainnya.

5.Olos


Makanan ini terbuat dari aci, didalamnya ada kol yang bercampur dengan irisan cabe hijau yang selanjutnya melalui proses penggorengan. Rasanya pedas nikmat. Enak disegala suasana.

6. Es Lontong Serut

Jawa Keren, Jawa istimewa


Es serut yang dicampur santen, kacang hijau kolang kaling dan pewarna makanan ini rasanya sangat segar dinikmati dikala siang dan panas terik. Selain namanya yang unik, Es ini sangat menggoda untuk dinikmati karena warnanya yang berwarna merah dan menarik

2 comments:

  1. Teruskan menulis..teruskan menulis..agar simfoni pengalaman hidupmu bisa didengar orang.. simfoni harus ada nada rendah.. kadang sangat rendah tapi perlu ditulis.. kami mendengar.. Selamat

    ReplyDelete