Wani ngalah luhur wakasane

kumpulan pepatah jawa kuno
wani ngalah luhur wekasane

Berani mengalah akan luhur dikemudian hari


Wani ngalah disini bukan diatikan bahwa kita siap mengalah demi apa saja, atau diam saja ketika kita dicemooh, Berani mengalah disini artinya agar dalam setiap persoalan kita harus sedia mengendurkan otot-otot yang tegang berfikir dengan jernih dan menjadi orang pertama yang memberikan jalan keluar apabila dinilai baik untuk mengalah. Atau bahkan undur diri karena tentunya masyarakat menilai sikap kita pada saat kita mengalah apakah itu baik atau tidak.

Tetapi sifat dasar kita sebagai manusia, selalu bersaing demi kenuntungan dan kemenangan.  Tentunya sikap sedemikian ini sangat susah untuk bisa dimengerti dan dijalankan. Terlebih sikap seperti menang sendiri, egois dan suka berfoya- foya sangat bertentangan dengan pandangan pepatah ini. Tetapi orang yang bersedia mengalah niscaya akan mendapatkan nilai keluhuran dari masyarakat

Karena kemulian didapatkan dengan rasa rela dan iklas.Keluhuran tersebut juiga tentu bukan kita yang menilainya tetapi orang lain. Karena orang lain yang berfungsi sebagai cermin dan menilai sikap kesabaran kita. Kita tidak akan pernah tau bilaman kita luhur atau tidak, tanpa adanya penilaian dari orang lain.

No comments:

Post a Comment