Dumadining sira iku lantaran anane bapak piyung ira

Pepatah jawa kuno
dumadining sira iku lantaran anane bapak piyung ira
Terjadinya dirimu itu adalah melalui adanya bapak dan ibumu.

Memang kita lahir tentu saja melalui kedua orangtua kita.

Pepatah ini mengajarkan kita agar selalu mengingat kodrat darimana kita dilahirkan. Jangan sampai kita lupa bahwa orang tua memberikan sumbangsih paling besar bagi kita. Dengan perawatan dan kasih sayangnya semenjak kita lahir menjadikan kita dewasa, dan bisa menentukan jalan hidup yang kita tempuh.

Tanpa mereka kita tidak akan terlahir kedunia. Walaupun kita tidak bisa meminta dari siapa kita dilahirkan tetapi sewajarnya kita mengerti bahwa hidup perlu perjuangan. Banyak sekali orang-orang yang melawan orang tuanya. Bahkan membunuh orang tua kandungnya siapa yang harus disalahkan?
Pendidikan itu penting, moral itu sangat penting.

Pola pikir dan pemikiran yang salah dapat berakibat buruk bagi kita. Tentu semuanya tidak lepas juga dari perhatian dan pola didikan orang tua.

Pepatah ini mengajarkan kita bahwa adanya kita ada karena kedua orang tua kita, dan kita wajib memberikan balas budi kepada mereka dengan perhatian dan kasih sayang hingga mereka menutup usia. Jangan sampai kita sia-siakan kebaikan mereka dengan mengabaikannya apalagi durhaka kepada mereka. Sangat besar dosanya.

No comments:

Post a Comment